Buku
ini mengusulkan tipologi
penjelasan dari tindakan
manusia yang berfokus pada
penjelasan aksi terkait
politik pemerintahan, kekuasaan, dan distribusi
sumber daya, akan tetapi dalam
rumpun ilmu-ilmu sosial dan
sejarah. Pada umumnya tipologi tersebut mencakup pembahasan struktural,
institusional, ideasional, dan logika psikologis. Terdapat empat manfaat memahami
hal ini. Pertama, tipologi mengarahkan perhatian kita pada hal yang paling
dasar dalam logika tentang apa yang menyebabkan apa. Kedua, lengkap dengan hubungannya
terhadap penjelasan tindakan. Ketiga, pendefinisian istilah langsung pada intinya
dengan cara yang memfasilitasi. Keempat, mengarah pada revisi pandangan yang
berlaku pada filsafat ilmu pengetahuan dan desain penelitian yang mendukung untuk
lebih terbuka, substantif, dan perdebatan yang jelas.
Pengembangan argumen ini menawarkan kriteria baru bagi kemajuan teoritis. Tujuan utama dari buku ini adalah untuk mengatur argumen substantif daripada
berdebat untuk filsafat tertentu atau metode pembahasan tertentu.
Meskipun beberapa pemikir logika jelas terlibat banyak perdebatan, sampai saat
ini mereka belum terhubung untuk mengupayakan peraturan ruang dalam batas-batas
yang mereka usulkan. Selain
itu, kebanyakan tokoh yang mencoba untuk mengatur beberapa ruang internal
argumen dalam ilmu politik cenderung melompat melewati perdebatan batas. Mereka
mulai dari peta dengan tepi tidak jelas. Tingkat perbedaan mengakibatkan perpecahan,
sehingga semakin jelas bahwa hal itu tidak menggambarkan garis utama dalam
perdebatan kompleks. Seperti perdebatan dalam memahami fenomena atau metode,
sehingga tingkat analisis tidak mendapatkan substansi argumen. Beberapa
tipologi berbicara langsung pada pilihan substantif, menawarkan jawaban atau
pendekatan. Tipologi
baru-baru ini yang bertujuan untuk mengatur opsi substantif dari warisan sejarah dan kategori yang tumpang
tindih.
Buku ini membantu kita belajar
tentang beberapa perdebatan sejarah, karena yang menjalaskan asal usul sejarah
yang memiliki format aneh.
Skema lain yang umum adalah untuk memilah argumen
dengan 'kepentingan, lembaga, atau ide-ide'. Permasalahan utama adalah implikasi
bahwa kategori lembaga dan ide-ide menjadi tipologi yang entah bagaimana bukan
tentang orang-orang yang bertindak dalam mengejar instrumental yang mereka
pikir bermanfaat. Namun perdebatan utama antara semua klaim dalam buku ini
tentang bagaimana orang mendefinisikan apa yang mereka anggap baik bagi mereka
dalam beberapa hal. Daripada mengembangkan
aturan yang membingungkan, penjelasan selanjutnya
menambah komplikasi lain. Pembahasan mengengai pengelompokan berbagai
hal yang 'penting': filsafat, psikologi, ide,
budaya, sejarah, tempat, populasi, dan teknologi.
Perdebatan tentang apa yang menyebabkan apa. Seperti
pemahaman substantif dasar, yang sering membuat kita untuk memperkirakan
bagaimana argumen akan menjelaskan berbagai fenomena atau bagaimana mungkin
terlihat pada berbagai tingkat analisis. Terdapat empat logika penjelasan : struktural,
institusional, ideasional, dan psikologis. Klaim struktural dan institusional
adalah logika posisi, dan klaim ideasional dan psikologis logika penafsiran.
Gagasan bahwa ini adalah 'logika yang berbeda' tidak
berarti bahwa sebagian besar pembahasan ada dalam kategori ini. tidak semua kontribusi jelas tergantung
pada kejelasan satu aspek. Seringkali kita tidak memiliki bukti untuk menengahi
logika. Kita bisa membuat klaim yang penting, namun tetap agnostik terhadap
beberapa rentang mekanisme dan hasil. Buku ini tidak peduli dengan berapa
banyak pembahasan setiap klaim secara teoritis atau empiris. Akan tetapi, dalam
hal ini terdapat kerangka yang membantu kita mengatur bagaimana kita bisa
menjelaskan tindakan, bukan apa yang harus kita perdebatkan secara teoritis
atau apa yang benar secara empiris.
Berikut beberapa pandangan tokoh : Moore dan klaim Skowronek yang
menampilkan logika posisi. Mereka menjelaskan tindakan sebagai fungsi rasional
di mana orang-orang berdiri di rintangan yang ada sebagai intersubyektif nyata
dan jelas. Kedua Skowronek dan Dobbin fokus pada bagaimana tindakan masyarakat pada
satu titik menciptakan konteks buatan manusia yang kemudian menyalurkannya pada
arah tertentu. Dobbin dan McDermott berfokus pada bagaimana lingkungan
eksternal hanya terhubung ke tindakan tertentu melalui interpretasi tertentu. McDermott
dan Moore, keduanya membangun segmen kausal dari sekitar kondisi umum yang
tidak berasal dari atau dipengaruhi oleh tindakan orang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar